Pengenalan Microsof Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Word 2010


Pengenalan Microsof Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Word 2010

Keterangan :
  • Tab
  • Quick Accses Toolbar
  • Ribbon
  • Title Bar
  • Ruler
  • Help
  • Dialog Box Laucher
  • Status Bar
  • Documen Area
  • View Buttons
  • Zoom Control


Menu dan fungsi menu Pada  Ms 2010



Menu  file

  • Save : untuk menyimpan file yang telah kita buat (ctrl+s)
  • save as : untuk menyimpan file yang telah kita buat dam disimpan sesuai
  • Open : membuka file yang telah kita buat sebelumnya (ctrl+o)
  • Close : untuk menutup aplikasi Microsoft world\
  • Info : untuk mengetahui informasi tentang document yang kita ketik
  • Recent : untuk melihat document yang telah kita hapus sebelumnya
  • New : untuk membuka document baru (ctrl+n)
  • Print : untuk mencetak document yang telah kita buat
  • Save & send : untuk menyimpan document dan kemudian kita kirim
  • Help : untuk meminta bantuan-bantuan pada Microsoft world
  • Option : untuk pengaturan pada Microsoft word
  • Exit : untuk keluar Microsoft worl
  1. Menu Home





  • Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut
  • Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
  • Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
  • Format Painter :digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen    lainnya.
  • Font : untuk memilih jenis huruf
  • Font Size : untuk mengatur ukuran huru
  • Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
  • Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara insta
  • Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
  • Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
  • Bold : untuk menebalkan teks terpilih
  • Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
  • Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
  • Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
  • Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
  • Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
  • Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
  • Text Highlight Co : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
  • Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
  • Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
  • Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpili
  • Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
  • Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
  • Sort : untuk menyortir data
  • Show Paragraph M : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
  • Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
  • Center : untuk mengatur teks rata tengah
  • Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
  • Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
  • Line and Paraghraph : untuk mengatur jarak antar baris teks
  • Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
  • Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
  • Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih
  • Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf  
  • Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu   dalam suatu file
  • Recpale : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata  tertentu dalam suatu file
  • Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file 


2. Menu file




  • Cover Page : untuk memberikan sampul pada halaman
  • Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain standar 
  • Page Break : untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya  
  • Insert Table : untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
  • Insert Table :  untuk menyisipkan tabel secara menual
  • Draw Table : untuk mengatur style tabel secara menual
  • Convert Text to Table : untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
  • Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
  • Quick Tables :untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010
  • Picture : untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer 
  • Clip Art : untuk menyisipkan clipt art atau gambar yang telah disediakan atau yang ada pada direktori lain. 
  • Shapes : untuk menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen 
  • SmartArt : untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman 
  • Chart : untuk menyisipkan objek grafik pada halaman.
  • Hyperlink : untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file yang ada di komputer 
  • Bookmark : untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokumen 
  • Cross-reference : untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.   
  • Header : untuk menambahkan teks/objek pada bagian header/bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
  • Footer : untuk menambahkan teks/objek pada gaian footer/bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 
  • Page Number : untuk meberikan penomoran pada setiap halaman.
  • Text Box : untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen 
  • Quick Parts : untuk menyisipkan beberapa objek pada dokumen 
  • WordArt : untuk menyisipkan dekorasi tulisan pada dokumen 
  • Crop Cap : untuk menambahkan huruf dengan ukuran besar pada awal paragraph 
  • Signature Line : untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen 
  • Date & Time : untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang aktif 
  • Object : untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
  • Equation : untuk menyisipkan format matematika pada dokumen 
  • Symbol : untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen

3. Menu Page Layout



  • Themes : untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
  • Color : untuk mengatur warna tema halaman
  • Fonts : untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen yang aktif
  • Effect : untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di halaman dokumen
  • Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
  • Margins : untuk mengatur batas teks pada dokumen
  • Orientation : untuk mengatur posisi halaman
  • Size : untuk mengatur ukuran halaman
  • Colums : untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
  • Break : untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
  • Line Numbers : untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
  • Hyphenation : untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
  • Watermak : untuk memberikan efek air di belakan teks
  • Page Color : untuk mengatur warna latar halaman
  • Page Borders : untuk mengatur garis tepi halaman
  • Indent : untuk mengatur batas teks
  • Spacing : untuk mengatur jarak antara paragraph
  • Position : untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
  • Wrap Text : untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph text
  • Bring Forward : untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
  • Send Backward : untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
  • Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
  • Align : untuk mengatur posisi objek lepas
  • Group : untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
  • Rotate : untuk memutar dan membalik objek yang terpilih

4. Menu Reference


  • Table of Contents : untuk mengelolah daftar isi
  • Add Text : untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
  • Update Table : untuk memperbaharui daftar isi
  • Insert Footnote : untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
  • inset Endnote : untuk menyisipkan catatan di akhir bab
  • Next Footnote : untuk memantau footnote dan endnote
  • Show Notes : untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
  • Insert Citation : untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
  • Manage Sources : untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
  • Style : untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
  • Bibliography : untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
  • Insert Caption : untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
  • Insert Table of Figures : untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
  • Update Table : untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
  • Cross-reference : untuk menyisipkan referensi silang
  • Mark Entry : untuk menandai masukan baru dalam dokumen
  • Insert Index : untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
  • Update index : untuk memperbarui daftar index terkini
  • Mark Citation : untuk menandai kutipan
  • Insert Table of Authorities : untuk membuat daftar kutipan
  • Update Table : untuk memperbaharui daftar kutipan

5. Menu Mailings



  • Envelopes : untuk membuat dan mencetak amplop
  • Labels : untuk membuat dan mencetak label
  • Start Mail Merge : untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang  
  • Select Recipients : untuk membuat daftar penerima surat       
  • Edit Recepient List : untuk mengubah daftar penerima surat
  • Highlight Merge Fields : untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
  • Address Block : untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
  • Greeting Line : untuk menambah nama sapaan
  • Insert Merge Field : untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
  • Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
  • Match Fields : Membandingkan surat
  • Update Labels : Untuk memperbaharui label surat
  • Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
  • Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
  • Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita
  • Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
  • Finish : Untuk menyelesaikan surat

6. Menu Review



  • Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
  • Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
  • Research : Untuk mengetahui data pengulangan
  • Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
  • Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
  • Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
  • New Comment : Memasukkan komentar baru
  • Delete : Menghapus komentar
  • Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
  • Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
  • Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
  • Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
  • Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
  • Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan
  • Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
  • Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
  • Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
  • Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya
  • Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data
  • Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
  • Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas

7. Menu View

  • Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
  • Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
  • Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
  • Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
  • Draft : Untuk menulis surat perintah
  • Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
  • Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
  • Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan
  • Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
  • 100% : Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
  • One Page : Untuk membuka satu halaman
  • two Page : Untuk membuka dua halaman
  • Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman
  • New Window : Untuk membuka candela baru
  • Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihatseluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
  • Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
  • View Side by Side : Untuk melihat data yang telah disembunyikan
  • Synchronous Scrolling : Untuk mengatur jarak antar baris
  • Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
  • Switch Windows :Untuk membuat beberapa jendela
  • Macros :Untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman
  • https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm-gagal-proses_9.html?m=1


Komentar